Sabtu, 26 Maret 2011

ANTARA JADI EKOR GAJAH ATAU KEPALA KUCING

Dulu, Sarjana bisa dihitung pake jari. Sekarang, Sarjana bisa dihitung pake statistika. Jauh banget perbedaannya yah? Yaiyalah, Dulu ama sekarang kan emang harus berbeda!
            Jadi sarjana sekarang nggak jamin dapet kerjaan. Jadi sarjana sekarang nggak bisa membebaskan orang-orang dari belenggu pengangguran. Kalo yang gue perhatiin dari lingkungan sekitar gue, rata-rata semuanya pengen jadi pegawai. Apalagi jadi pegawai negeri, yang keliatannya kerjaannya santai, dapet jalan-jalan, bolos-bolos dapet duit, dapet uang pensiunan, dapet duit seumur hidup deh!
            Di lingkungan sekitar gue, rata-rata maunya pake seragam, kerja diperusahaan gede dan gajinya gede.  Semua jadi kelihatan miris, ketika gue ngeliat bule santai-santai, ngopi, dipijetin penuh duit dikantong hasil usahanya di sini. Orang luar seakan mudah sekali menaklukan daerah gue. Mereka bangun hotel, bangun restaurant, dan duduk sebagai bos! Sedangkan penduduknya jadi pegawai dan pelayannya. JUJUR, gue BT banget ngeliat fenomena kayak begini.
            Lalu, artis-artis di negeri ini juga begitu. Asalkan ada aja darah keturunan, pasti jadi artis deh. Bule-bule gampang banget cari duit di negeri ini.  Sedangkan masyarakat indonesia kalo di negeri orang paling-paling jadi babu. Parahnya lagi, udah jadi babu disiksa pula. Dan, pemerintah diem aja ngeliat warganya yang disiksa kayak mainan.
            Inikah nasib dari negeri jajahan? Masyarakatnya hanya mau jadi bawahan yang rendah hati, tidak sombong, dan rajin menabung. Masyarakat Indonesia kebanyakan Cuma mau jadi ekor gajah daripada jadi kepala kucing. Masyarakat Indonesia kebanyakan hanya mau jadi pegawai di perusahaan besar daripada menjadi pemilik dari perusahaan kecil.  So, bagaimana dengan kamu? Lebih pilih jadi ekor gajah atau kepala kucing?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya, buat penyemangat! pujian, kritik, kripik, duit saya terima semuanya... Suka-suka kamu deh... :D