Rabu, 23 November 2011

‘JENUH’ SINETRON INDONESIA



                Jenuh? Ada nggak sih yang jenuh sama sinetron Indonesia? Kalo ditanya gitu, gue bakal angkat tangan paling tinggi deh.  Perasaan, udah satu dekade sinetron Indonesia masih nggak berkembang-kembang  juga. Nggak ada perubahan, Man! Dari dulu ampe sekarang, sinetron Indonesia jarang banget ada yang “keren” dan “bisa dikenang”. Padahal inti dari sebuah karya adalah agar bisa dikenang oleh “penggemarnya”. Gimana sih cara supaya karya itu nanti punya nilai historis nantinya, harusnya itu yang dijadikan patokan, jangan Cuma menginginkan keuntungan semata.
                Coba kita bandingkan drama-drama korea selatan, full house, princess hours dan lain-lain, saat drama itu selesai tayang, masih aja ada yang beli dvdnya untuk koleksi, itu artinya drama itu punya “kenangan” tersendiri buat penggemarnya. Tapi gimana sama sinetron Indonesia? Episodenya aja ratusan, gimana mau ngoleksi dvdnya, ditambah cerita yang ngawur ngidul. Boomingnya drama korea di Indonesia itu bukan tanpa alasan, itu semua karena drama korea punya kualitas dan ‘layak tonton’, ceritanya berkesinambungan dengan endingnya, nggak asal kayak di sinetron indo. Tema-tema cerita drama korea juga banyak, nggak Cuma tentang anak ketuker, terus dari miskin jadi kaya, jahat-jahatan, bunuh-bunuhan, culik-culikan kayak sinet indo. Konfik-konflik di drama korea juga ‘masuk akal’ dan yang paling penting adalah bisa ngebuat penonton “terhibur”.
                         Disini gue bukan pengen nyela” sinetron indo ya, yah ini Cuma unek-unekan gue aja. Gue juga sadar kalo gue disuruh buat sinetron belum tentu juga bagus. Sebagai penonton, gue cuma Pengen ada perubahan sama sinetron Indonesia. Semoga aja suatu saat muncul sinetron-sinetron yang menghibur bahkan bisa dijual dengan dvd dan di jual ke Negara-negara lain kayak drama korea. :D

2 komentar:

  1. haha aku setuju aku juga ogah liatnya ribet mana endingnya juga kadang gak jelas.
    tapi anehnya ratingnya mesti datas terus kayak PYD tuh,

    BalasHapus
  2. Hahaa..
    Salahkan ibu rmah tangga yg doyan liat sinet muter" melincer kyk gtu..

    BalasHapus

Jangan lupa komentar ya, buat penyemangat! pujian, kritik, kripik, duit saya terima semuanya... Suka-suka kamu deh... :D